Welding Engineer atau Welding Inspector, Pilih Mana?

Welding Engineer atau Welding Inspector, Pilih Mana?

Sebelum membicarakan berkenaan apa itu welding inspector dan tugasnya apa ? welding inspector berasal berasal dari bahasa inggris welding = las dan inspector = pengecekan, jadi welding inspector adalah orang yang bertugas mengecek mutu weldingan / las yang dikerjakan oleh welder, jadi bukan sebagai tukang lasnya lebih tepatnya sebagai pengeceknya,

Syarat Menjadi Seorang Welding Inspector

Sebagai Welding Inspetor tugas yang harus dikuasai ialah sebagai berikut :

Material;Sebagai welding inspector perihal yang harus dipahami ialah pemahaman berkenaan material. pemilihan material dan bahan material yang sesuai bersama dengan standar yang ditentukan, atau sesuai bersama dengan keinginan berasal dari client, dikarenakan pengelasan ialah menyambungkan dua material.

Consumable; sebelum saat dikerjakan pengelasan welding inspector harus sanggup memilih consumable / elektroda / kawat las yang bakal digunakan untuk sistem pengelasan agar hasil mutu pengelasan sesuai bersama dengan standard yang di acu dan produk yang bakal dibuat Welding inspektor .

Welding Process;adalah sistem pengelasanya contohnya manfaatkan GTAW atau SMAW atau sanggup juga SAW yang sudah pasti ini ditentukan oleh seorang welding inspector, seorang welding inspector harus sanggup memilih sistem yang tepat untuk digunakan didalam sistem pengelasan. Karena kekeliruan sistem yang digunakan bakal sanggup berakibat fatal terhadap mutu lasan dan produk yang bakal dibuat.

Heat treatment;adalah suatu sistem pemanasan suatu material sebelum saat atau sehabis dikerjakan pengelasan ini betujuan untuk mengurangi tingkat stress suatu material, didalam pengelasan dikenal 2 (dua) sistem yaitu preheat dan post weld heat treatment (PWHT). Pre heat ialah sistem pemanasan material sebelum saat dikerjakan pengelasan tetapi PWHT adalah sistem pemanasan material sehabis dikerjakan pengelasan, tingginya temperature panas yang dipelukan harus sesuai bersama dengan bahan material dan lasan bersama dengan standard yang diacu

Inspection;adalah sistem kontrol hasil lasan baik secara merusak (Destructive Test/DT) atau tidak merusak (Non Destructive Test/NDT). Seorang WI harus memahami dan ampu memilih tipe kontrol yang tepat, item yang di-inspect apa saa, prosedur inspeksinya harus bagaimana, acceptance kriterianya seperti apa.

Drawing;disini bukan masalah kemampuan bagaimana memicu gambarnya namun adalah kemampuan untuk membaca gambar kerja lebih-lebih berkenaan bersama dengan pengelasan. Seorang WI harus sanggup membaca gambar, agar sanggup memahami bentuk produk yang bakal dibuat, seberapa besar dimensinya, dan kriteria-kriteria lainnya.

Reporting;atau pelaporan merupakan kegiatan tuliskan apa yang dikerjakan dan lakukan apa yang udah ditulis. Aktivitas reporting ini mengandalkan keuletan atau kerajinan seorang WI, dikarenakan laporan ini merupakan evidence atau bukti berkenaan progress pekerjaan.
Communication skill;kemampuan berkomunikasi adalah perihal yang terlalu mutlak agar informasi yang disampaikan sesuai bersama dengan yang diharapkan. Selain kemampuan bahasa juga masalah seni didalam berkomunikasi.

 

Biaya pelatihan welding inspector

Dari sekian banyak tugas seorang welding inspector tentun jadi pertanyaan, bagaimana caranya untuk jadi welding inspector ? seorang welding inspector biasanya berasal berasal dari lulusan sarjana teknik mesin / perkapalan atau metalurgi dan sanggup juga lewat sebuah pelatihan yang banyak diadakan oleh instansi-instansi, untuk pelatihan welding inspector yang udah banyak diketahui banyak orang ialah B4T bandung, ialah lembaga pelatihan nasional.

IWI (internasional welding inspector)

Jadwal pelatihan 11 jan – 21 apr 2016 (Gelombang I )
Ujian 16 apr – 21 apr 2016
Jadwal pelatihan 22 nov- 24 nov 2016 (Gelombang II)
Ujian 19 nov – 24 nov 2016
biaya pelatihan Rp. 17.000.000
Biaya Ujian Rp. 5.000.000
Dan Untuk Pelatihan WI Luar atau biasa disebut bersama dengan CSWIP 3.1

BEYOND – YOGYAKARTA will conduct:

CSWIP 3.1 WELDING INSPECTOR

Course: 18 – 22 JULY 2011

Exam: 25 JULY 2011

INITIAL Course + Exam Fee = USD 1719

RE INITIAL Course + Exam Fee = USD 1203,5

Retest Fee = USD 275

Biaya pelatihannya kira-kira 1700$ atau Rp. 22.000.000 (kurs dollars 13.000) biaya ini di ambil berasal dari keliru satu penyelenggara pelatihan harga sanggup beralih pindah dilain instansi

Namun biasanya seorang welding inspector melengkapi dirinya tidak hanya satu sertifikasi saja, seperti mengambil alih sertifikasi Preasure Vessel, Storage Tank, Migas dll

Gaji seorang welding inspector

Banyak jadi pertanyaan, Berapakah standar atau pasaran jadi welding inspector,biasanya saya menemui tersedia dua macam welding inspector didalam sebuah pabrikasi, yaitu welding inspector berasal dari pabrikasi berikut dan satunya berasal dari pemilik barang atau biasanya disebut bersama dengan owner.

Dilihat berasal dari biaya yang dikeluarkan untuk pelatihan tentu saja udah sanggup dibayangkan untuk gaji seorang welding inspector berkisar pada Rp. 10.000.000 – 60.000.000 ini tergantung berasal dari banyaknya pengalaman dan sertifikasi yang dimiliki oleh seorang welding inspector itu sendiri.

Dan bakal lebih besar ulang pendapatannya juga seorang welding inspector berikut bermain di luar negeri, dikarenakan sudah pasti pendapatannya di ukur bersama dengan dollars.

Sekian artikel ini membicarakan berkenaan ruang lingkup welding inspector, dan tentu saja masih banyak perihal yang belum diuraikan disini dan mungkin bakal sanggup di lanjutkan di lain kesempatan, semoga makin berkembang dan banyak welding inspector yang muncul di Indonesia. Terima kasih

Leave a Comment